Mengenal Lebih Dekat Bahaya Psikosomatis

Psikosomatis adalah sebuah penyakit yang menggangu pikiran dimana para penderita menganggap ia menderita penyakit tertentu namun sebenarnya...

Psikosomatis adalah sebuah penyakit yang menggangu pikiran dimana para penderita menganggap ia menderita penyakit tertentu namun sebenarnya hanya pikiran dari penderitanya saja. Psikosomatis jika dibiarkan akan membuat sugesti dan membuat seseorang bisa mendapatkan penyakit fisik yang sebenarnya. Gangguan psikosomatis muncul karena faktor mental dari seseorang yang mudah mengalami rasa cemas dan juga stress.

Maka jika ada seseorang yang terkena sakit yang berulang-ulang pada bagian tertentu namun setelah di periksa secara fisik tida ditemukan adanya penyakit tertentu. Bahkan ia kelihatan tampak sehat maka ada kemungkinan seseorang tersebut telah mengidap gangguan psikosomatis. WHO telah memberikan penjelasan tentang gangguan ini adalah sebagai gangguan neurotik yaitu gangguan yang timbul akibat dari stress dan juga ganggiuan somatoform.

Mengapa gangguan ini bisa muncul? Dalam tubuh organ paling vital adalah otak. Dimana, otak mempunyai ratusan saraf yang termasuk didalamnya adalah pikiran. Pikiran adalah organ yang dapat mengontrol hampir seluruh tubuh bersamaan dengan gejala fisiknya. Seperti contoh adalah ketika anda merasakan ketakutan maka secara bersamaan denyut jantung anda akan berdebar dengan kencang dari normalnya. Lalu keringat mulai keluar dan napas menjadi lebih cepat dari biasanya. Gejala fisik inilah yang terjadi karena aktivitas impuls saraf meningkat.  Berawal dari otak ke bagian tubuh.

Namun sampai saat ini belum diketahui secara jelas bagaimana pikiran bekerja sehingga dapat menyebabkan gejala tertentu dan mempengaruhi fisik. Tapi semua ini terkait dengan adanya mind and body connection.
Banyak penderita psikosomatis datang ke dokter dan mereka percaya mengeluhkan secara fisik. Yang dikeluhkan adalah lambung,jantung berdebar, nyeri otot , kulit gatal.
Sebenarnya gangguan psikosomatis ini dapat diatasi dengan psikoterapi , akupuntur, fisioterapi, dan pelatihan relaksasi.selain cara diatas, ada cara lain yang lebih mudah untuk mengatasi gangguan tersebut

Menghindari stress dan rasa cemas berlebihan jika mempunyai gejala yang dialami pada tubuh. Lalu melakukan meditasi atau relaksasi untuk ketenangan secara batin. Dan terakhir adalah mengetahui bahwa stress atau depersi adalah sesuatu yang akan memicu kesehatan pada tubuh. 
PLEASE LIKE OUR FACEBOOK FANPAGE close button

Related

penyakit 6011324216654202426

Post a Comment

emo-but-icon

item