Mengatasi Gusi Berdarah Secara Alami

Saat menyikat gigi, pernahkah Anda menemukan darah yang bercampur dengan busa pasta gigi atau mungkin menempel pada sikat gigi? Jika iya,...


Saat menyikat gigi, pernahkah Anda menemukan darah yang bercampur dengan busa pasta gigi atau mungkin menempel pada sikat gigi? Jika iya, hal tersebut bisa terjadi akibat gusi yang berdarah. Jangan menganggap remeh gusi berdarah, karena hal gusi yang sering berdarah dapat menyebabkan masalah terhadap kesehatan mulut seperti bau mulut, nafas tidak segar, serta berkembangnya bakteri yang dapat merusak gigi. Oleh karena itu, sebaiknya Anda segera mengatasi gusi berdarah.


Untuk mengatasi gusi berdarah, terlebih dahulu kita harus mengetahui penyebabnya. Terdapat beberapa penyebab gusi berdarah yaitu infeksi karena bakteri, jamur atau virus. Selain itu penyebab lainnya adalah:
  •   Kesehatan mulut yang kurang terjaga
  • Terlalu keras saat menyikat gigi
  • Terjadi benturan pada gusi
  •  Kekurangan vitamin C atau K
  • Pemasangan gigi palsu yang tidak tepat
  • Pembersihan plak pada gigi yang tidak benar pada gusi
Plak yang tidak dibersihkan secara teratur akan mengeras dan menjadi karang gigi, kemudian menyebabkan pendarahan atau bahkan dapat menyebabkan penyakit rahang dan gusi yang dikenal dengan periodontitis.  Adanya penyakit lain seperti Leuikimia, Idiopathic thrombocytopenic purpura (ITP). Setelah mengetahui penyebab dari gusi berdarah, lalu bagaimana cara mengatasinya? Berikut ini merupakan tips mengatasi gusi berdarah dengan menggunakan bahan-bahan alami.

      1. Air Garam
Pengobatan yang sangat mudah untuk mengatasi gusi berdarah adalah berkumur dengan air garam. Air garam dapat menjadi alternatif untuk meredakan pendarahan pada gusi. Caranya yaitu mencampurkan 2 sendok makan garam dengan segelas air hangat, kemudian berkumurlah secara teratur.

2. Minyak Cengkeh
Minyak cengkeh dipercaya memiliki sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi sehingga mampu mengurangi peradangan dan menghentikan pendarahan. Caranya dengan mengambil sedikit minyak cengkeh, lalu mengoleskannya pada gusi yang berdarah secara perlahan.

3. Bawang Putih
Bawang putih mengandung antibiotik yang dapat mencegah infeksi serta menghilangkan bakteri yang terjadi akibat gusi berdarah. Caranya dengan menghaluskan bawang putih kemudian menempelkannya pada gusi yang berdarah.

4. Lidah Buaya
Selain untuk menjaga kecantikan, tanaman ini juga dapat digunakan untuk mengatasi gangguan kesehatan. Lidah buaya juga bermanfaar mengurangi peradangan gusi yang menjadi penyebab dari gusi berdarah. Caranya dengan mengambil air lidah buaya, mengoleskannya pada gusi yang berdarah, lalu membilasnya sampai bersih.

5. Sayur dan Buah-buahan

Sayur dan buah-buahan sangat baik untuk kesehatan gusi dan tubuh secara umu. Makanan yang kaya akan vitamin dan mineral mampu meningkatkan sistem peredarah darah pada gusi.
PLEASE LIKE OUR FACEBOOK FANPAGE close button

Related

penyakit 2948629958312732414

Post a Comment

emo-but-icon

item