Ikan Salmon Ternyata Dapat Menaikkan Trombosit

Trombosit atau yang disebut dengan platelet adalah bagian darah yang mempunyai peran untuk proses pembekuan darah. Trombosit tidak mempunya...

Trombosit atau yang disebut dengan platelet adalah bagian darah yang mempunyai peran untuk proses pembekuan darah. Trombosit tidak mempunyai inti sel, bentuknya pun tidak beraturan serta ukurannya kecil. Trombosit mempunyai fungsi yang sangat penting untuk tubuh sebagai pembekuan darah, sehingga darah tidak banyak terbuang saat terjadi pendarahan.  Fungsi inilah yang harus dipertahankan karena mempunyai resiko mengancam jiwa.


Ada beberapa jenis penyakit yang dapat membuat Trombosit menjadi rendah atau trombositopenia  salah satunya adalah demam berdarah. Selain itu penyebab turunnya trombosit adalah persalinan, kehamilan, dan penyakit autoimun dimana trombosit dihancurkan oleh sistem imun. 

Untuk itu penting mencegah penurunan trombosit dan menjadi nilai normal sekitar 150.000 sampai 450.000 trombosit per mikro-liter darah. untuk mempercepat penyembuhan terhadap suatu penyakit. Berikut adalah cara menaikkan trombosit dengan cepat  sampai normal.

1. Konsumsi Jenis Makanan Sehat
Jadikanlah buah jeruk,tomat dan kiwi serta sayuran berdaun hijau yang segar menjadi menu makanan anda. Karena buah dan sayur tersebut mampu menaikkan trombosit.

2. Hindari Makanan Tidak Sehat
Makanan olahan, junk food, dan gula halus. Serta hindari alkohol dan minuman yang mengandung kadar kafein tinggi. Karena jenis makanan dan minuman ini dapat membuat jumlah trombosit menjadi turun karena menghambat produksi oleh sumsum tulang.

3. Konsumsi vitamin B12 dan Asam Folat
Vitamin B12 dan Asam Folat sangat berpengaruh dalam memrpduksi darah termasuk trombosit. Kandungan asam folat biasa didapat dari buah jeruk, bayam jeruk, serta kacang kering. Sementara vitamin B12 dapat didapat dari daging kambing, susu, keju, dan juga hati.

4. Konsumsi Makanan Yang Mengandung Asam Lemak Omega 3
Asam lemak omega 3 mempunyai kemampuan untuk meningkatkan sistem kekebelan tubuh serta dapat juga meningkatkan trombosit. Jenis makanan yang mengandung omega 3 diantaranya adalah ikan, minyak ikan, tuna, salmon liar, dan minyak biji rami.

5. Minum Air Hangat
Minumlah air yang banyak karena akan meningkatkan sel darah dan juga trombosit. Dianjurkan meminum air hangat karena jika anda meminum air dingin maka akan memperlambat saluran pencernaan sehingga dapat mempengaruhi tubuh untuk menyerap nutrisi sel-sel darah yang terbuat dari air serta protein.

6. Hindari Obat Tertentu

Pereda nyeri dan penurun panas ternyata dapat menghambat produksi dan fungsi trombosit. Aspirin dan Ibuprofen adalah jenis obat-obatan tersebut. Berhati-hatilah dalam mengkonsumsinya. 
PLEASE LIKE OUR FACEBOOK FANPAGE close button

Related

penyakit 4436676563339426011

Post a Comment

emo-but-icon

item