Cegah Penyakit Polio

Polio adalah sebuah penyakit yang terjadi karena virus dan akan mengakibatkan kelumpuhan atau lumpuh layu. Polio adalah penyakit yang menul...

Polio adalah sebuah penyakit yang terjadi karena virus dan akan mengakibatkan kelumpuhan atau lumpuh layu. Polio adalah penyakit yang menular. Dan hal ini bisa dicegah dengan imunisasi. Polio atau poliomyelitis adalah penyakit yang serius hal ini terjadi karena infeksi dari  virus polio. Virus polio biasanya meneyebar ke makanan, air, sekresi tenggorkan dari yang terkena infeksi, atau juga kotoran tinja.


WHO pada tahun 2014 menyatakan bahwa Indonesia bebas dari penyakit polio karena keberhasilan pemerintah dalam program vaksinasi polio. Gejala polio dibagi dalam dua tahap yaitu gejala polio non-paralitik dan gejala polio paralitik. Gejala non-paralitik biasanya hanya flu  yang terjadi sekitar 10 hari, serta kelelahan,sakit kepala, nyeri kaku pada lengan dan juga muntah. dan gejala polio paralitik  adalah kelumpuhan pada penderita karena polio mempengaruhi saraf. Nyeri otot yang parah sehingga anggota badan menjadi lunglai serta hilangnya reflek pada tubuh.

Gejala polio akan muncul dalam waktu sekitar 3 sampai 21 hari saat virus polio sudah masuk ke dalam tubuh dan dapat menularkan kapada orang lain pada hari ke 7 sampai dengan hari ke 10 setelah gejala muncul. Biasanya virus polio yang berada ditenggorokkan akan tetap selama dua minggu.

Jika seseorang dirasa terkena virus polio, maka hal yang harus dilakukan adalah memeriksakan kepada dokter untuk menelusuri gejala yang di alami dan pemeriksaan secara fisik. Apakah adanya gangguan reflek, atau kekakuan pada leher. Mengambil sampel sekret tenggorokan atau cairan serebrospinal dilakukan untuk diuji di pemeriksaan lab. 

Pengobatan polio bertujuan mengelola efek dari penyakit tersebut. Polio tidak mempunyai obat untuk menyembuhkannya. Ini adalah terapi pendukung yang berisi:

  • Antibiotik
  • Obat penghilang rasa sakit
  • Ventilator portabel yang berguna untuk pernapasan
  • Obat untuk kejang otot
  • Fisioterapi
  • Olahraga ringan atau sedang


Polio sebenarnya dapat dicegah dengan kebersihan pribadi dan jugasanitasi publik untuk mencegah penyebaran virus dari polio. Setelah itu pencegahan yang paling efektif dan efesien adalah melakukan vaksinasi atau imunisasi polio. 
PLEASE LIKE OUR FACEBOOK FANPAGE close button

Related

penyakit 3572285529632551174

Post a Comment

emo-but-icon

item