Cara mengasah Otak Menjadi Kreatif

Otak adalah organ yang paling vital di dalam tubuh manusia. Karena otak bekerja sebagai pusat dan informasi dalam kegiatan. Di dalam otak t...

Otak adalah organ yang paling vital di dalam tubuh manusia. Karena otak bekerja sebagai pusat dan informasi dalam kegiatan. Di dalam otak terdapat sel-sel otak yang berjumlah jutaan sel. Namun yang kita gunakan saat kita berpikir hanya menggunakan nol persen dari jumlah keseluruhan sel di dalam otak kita.


Seperti contohnya adalah Albert Einsten ilmuwan jenius yang menemukan rumus E=mc2 dalam dunia fisika. Ia hanya menggunakan 1% dari sel otaknya. Lalu bagaimana dengan kita yang sudah  dimanjakan dengan teknologi. Kemampuan berpikir kreatif kita akan terbatas dan dapat membuat kita menjadi pelupa. Untuk itu kita harus selalu mengasah otak kita agar mampu berpikir kreatif dan menguatkan daya ingat. Berikut adalah tipsnya:

1. Melatih Bagian Tubuh Yang Tidak Dominan
Biasakanlah menggunakan tangan atau kaki yang tidak dominan karena hal ini dapat membuat hubungan saraf menjadi kuat dan bahkan dapat juga membentuk saraf baru. Menurut Franklin Institute.

2. Membiasakan Membaca
Dengan membaca buku maka akan dapat membantu menumbuhkan cadangan kognitif sehingga akan menunda munculnya demensia.

3. Permainan Yang Melatih Otak
Dengan anda bermain puzzle dan teka teki silang maka akan melatih otak untuk berpikir dalam memecahkan permainan tersebut sehingga sangat bagus untuk rangsangan otak.

4. Mengubah rutinitas Hidup          
Seorang profesor Neurobiologi yaitu Lawrence Katz pernah menjelaskan betapa pentingnya mengubah kebiasaan dan cara hidup yang baru untuk dapat mengaktifkan koneksi otak yang tidak aktif. Cara ini dapat dilakukan seperti mengatur ulang tata kamar dan mandi dengan mata yang tertutup.

5. Hidup sosial
Dalam sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2006, menemukan bahwa jika anda mempunyai jaringan sosial yang luas maka hal itu dapat membantu menghindari dari gejala penyakit alzheimer. Karena otak dilatih untuk menjalani kehidupan sosial dari semua kalangan.

6. Belajar bahasa asing

Bahasa asing ternyata dapat mengaktifkan begian otak yang tidak diaktifkan sejak anda sudah bisa bicara. Menurut hasil studi yang dilakukan pada tahun 2007, menggunakan beberapa bahasa dapat meningkatkan suplai darah ke otak hal ini sangat baik karena mampu menjaga koneksi saraf. 
PLEASE LIKE OUR FACEBOOK FANPAGE close button

Related

info kesehatan 2556663595095383371

Post a Comment

emo-but-icon

item