Cara Mencegah Sariawan

Stomatitis aftosa atau yang lebih dikenal dengan sariawan dalam bahas umum adalah sebuah luka yang terjadi pada selaput lendir daerah mulut...

Stomatitis aftosa atau yang lebih dikenal dengan sariawan dalam bahas umum adalah sebuah luka yang terjadi pada selaput lendir daerah mulut dengan bercak berwarna putih kekuningan dan bentuk ruam yang cekung. Sariawan sangat dapat menggangu aktivitas pengidapnya karena terasa perih dan menyakitkan apalagi saat sedang mengunyah dan berbicara.

Apakah penyebab sariwan? sariawan bukanlah penyakitnya yang tidak ada sebabnya. Secara umum sariawan dapat terjadi karena kekurangan vitamin b12 dan juga vitamin C. Namun ada beberapa faktor lain yang membuat anda terkena sariwan seperti terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas/makan, tidak menjaga kesehatan mulut, mulut yang tergigit oleh gigi saat sedang mengunyah, atau jenis pasta gigi yang tidak cocok dengan anda.
Ketika anda sudah mengetahui penyebabnya maka ada beberapa cara untuk dapat menghilangkan penyakit sariawan, berikut adalah caranya:

1. Air kelapa
Air kelapa sangat baik untuk pendinginan sehingga sangat berguna untuk mengatasi sariawan

2. Vitamin
Meminum vitamin B12 dan vitamin C mampu mengatasi dan mempercepat proses penyembuhan sariawan.

3. Kunyit
Kunyit adalah tumbuhan yang sangat bermanfaat. Selain digunakan unutk bumbu dapur kunyit juga bisa dipakai untuk menyembuhkan sariawan. Caranya sangat mudah, tumbuklah kunyit menjadi halus lalu kemudian oleskan pada bagian yang terkena sariawan.

4. Yogurt
Yogurt mampu menjaga keseimbangan bakteri dalam tubuh dan juga mulut. Maka dari itu, jika anda mengkonsumsi yogurt maka anda akan mempercepat proses menyembuhkan sariawan.dan anda dapat mencegah sariawan datang kembali.

5. Garam dan Baking soda
Jika anda terkena sariawan anda bisa membuat obat-obatan sendiri yaitu dengan membuat obat dari garam dan juga baking soda. Caranya sangat mudah yang pertam dilakukan adalah mencampurkan baking soda dengan garam lalu kemudian tambahkan dengan air secukupnya. Setelah itu oleskan pada sariawan anda. Tunggu hingga sekitar 10 menit dan basuh dengan air hangat.

7. Parasetamol dan mefenamat

Menghilangkan rasa sakit karena sariawan bisa dengan menggunakan obat kumur atau dengan obat yang diminum seperti parasetamol dan mefenamat. Namun harus selalu memperhatikan dosis yang dikonsumsi.
PLEASE LIKE OUR FACEBOOK FANPAGE close button

Related

penyakit 7901482014266827620

Post a Comment

emo-but-icon

item