Bahaya Anemia Pada Tubuh

Kurang darah atau yang dikenal dengan anemia adalah sebuah kondisi dimana jumlah sel darah (merah,putih, atau pembeku darah) mengalami peng...

Kurang darah atau yang dikenal dengan anemia adalah sebuah kondisi dimana jumlah sel darah (merah,putih, atau pembeku darah) mengalami pengurangan. Atau bisa juga berkurang dalam hal kualitas terhadap sel darah merah. Untuk sebuah satuan pengukur kualitas sel darah merah dapat disebut dengan haemoglobin (Hb).


Mengukur besar Hb anda dapat mengetahui apakah anda anemia atau tidak. Anemia terjadi karena jumlah eristrosit yang berada dalam 1 mm3 (satu milimeter kubik) darah. Namun bisa juga berkurang dari ukuran normal yaitu volume sel merah 100 ml darah. Anemia sendiri mempunyai ukuran jumlah dan sifat dari sel darah merahnya. Anemia yang kekurangan zat besi (Fe) akan berbeda dengan yang mempunyai kekurangan protein atau folic acid. Anemia dapat mendadak mengeluarkan darah.

Biasanya, gejala yang muncul bagi pengidap anemia adalah lemas, lesu,dan wajah menjadi pucat. Lalu warna bibir yang tidak berwarna merah pekat, sering mengalami pusing kepala,konsentrasi lemah. Gejala tersebut dapat dilihat secara jelas oleh mata.
Anemia mempunyai kaitan dengan tekanan darah rendah karena seseorang yang mempunyai tekanan darah rendah akan mengalami anemia, karena tekanan darah rendah sekitar 90/80 mmHg sehingga akan membuat seseorang itu sering mengalami gejala anemia. Tubuh seorang pengidap anemia, terjadi karena produksi dari sel darah merah dengan jumlah yang minimal atau terjadi karena produksi sel darah merah yang rendah.

Kenapa sel darah merah penting, karena sel darah merah mempunyai fungsi yang sangat berguna pda tubuh yaitu sebagai media pengantar zat gizi terutama oksigen pada tubuh. Karena oksigen sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk proses fisiologis dan biokimia pada semua jaringan tubuh. Oksigen dan sel darah merah yang kurang akan membuat anemia pada seseorang dan akan menyebabkan gangguan fisiologis pada tubuh anda.


Munculnya anemia bisa terjadi karena pola makan yang tidak baik, tidak teratur, dan kurang mengkonsumsi makanan yang bergizi untuk tubuh. Terutama makanan yang mengandung zat besi. Karena pada tubuh dibutuhkan zat besi sekitar 1-3,2 mg per hari.
PLEASE LIKE OUR FACEBOOK FANPAGE close button

Related

penyakit 7084916434679325234

Post a Comment

emo-but-icon

item