Tips Cara Mencegah Diare

Diare adalah sebuah kondisi dimana tinja keluar lebih dari batas normal yaitu minimal tiga kali dalam sehari. Tinja yang dikeluarkanpun ber...

Diare adalah sebuah kondisi dimana tinja keluar lebih dari batas normal yaitu minimal tiga kali dalam sehari. Tinja yang dikeluarkanpun berubah menjadi lebih lembek. Hal ini terjadi karena mengkonsumsi makanan dan minuman yang sudah terkena bakteri, virus, atau parasit. Umumnya diare hanya berlangsung beberapa hari, namun jika sudah parah diare bisa berlangsung sampai berminggu-minggu.


Berdasarkan katagori penyakit menular, diare menempati posisi ketiga dalam penyebab kematian setelah Pneumonia dan juga TBC. Golongan usia yang paling rentan mengalami diare adalah balita dengan 16,7 persen.  Diare akan bisa menjadi sangat berbahaya jika tidak ditangani dengan benar.

Faktor penyebab diare
Beberapa penyebab diare pada anak-anak dan orang dewasa adalah terkontaminasi mikroorganisme yang menyebabkan infeksi pada usus sehingga menyebabkan keram perut. Selain itu diare juga ditimbulkan juga oleh kelebihan vitamin C, Alergi, Efek samping obat-obatan tertentu, faktor psikologis seperti cemas dan gelisah, dan penyakit yang dihasilkan oleh virus.

Gejala Diare
Gejala yang terjadi adalah buang air besar secara terus menerus, mulas dan keram pada perut yang berkepanjangan, dehidrasi, serta mual dan muntah. Namun ada gejala lain yang mungkin dapat timbul seperti pegal pada punggung dan perut selalu berbunyi

Cara mencegah diare
Diare adalah penyakit yang dapat menular tidak hanya berdampak pada penderitanya saja. Maka, sebab dari itu diare sebaiknya mulai dicegah sejak awal sebelum tersebar.
Berikut adalah langkah-langkah cara mencegah terkena diare karena faktor kontaminasi:

1.    Biasakan mencuci tangan sebelum melakukan aktivitas
2.    Selalu menjaga kebersihan makanan dan minuman
3.    Memisahkan makanan mentah dan matang
4.    Hindari makanan berada di bawah sinar matahari langsung dan juga suhu ruangan yang lembab.
5.    Pilihlah bahan makanan yang segar.

Jika anda terkena penyakit diare, anda boleh mengambil langkah berikut untuk mencegah penyebaran kepada orang-orang di sekitar anda:

1.    Hindari penggunaan handuk atau peralatan makan yang sama dengan orang-orang sekitar anda.
2.    Membersihkan toilet setelah buang air besar.

3.    Tetap berada di rumah selama 48 jam setelah diare telah berakhir.
PLEASE LIKE OUR FACEBOOK FANPAGE close button

Related

penyakit 5773343718550079461

Post a Comment

emo-but-icon

item