Kebiasaan Ini Dapat Menyebabkan Obesitas

Obesitas atau kegemukan yang berlebih adalah sesuatu yang sangat umum di Indonesia bahkan di dunia. Orang menjadi lupa bahaya dari obesitas...

Obesitas atau kegemukan yang berlebih adalah sesuatu yang sangat umum di Indonesia bahkan di dunia. Orang menjadi lupa bahaya dari obesitas. Menurut riset ilmiah yang dilakukan oleh peneliti telah menunjukkan bahwa obesitas dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti serangan jatung, tekanan darah tinggi, dan yang lainnya.


Data statistik lainnya telah menunjukkan angka obesitas di usia remaja dan usia produktif telah mengalami peningkatan setiap tahunnya. Hal ini terjadi karena kurangnya kesadaran masyarakat tentang bahaya obesitas. Kebiasaan buruk yang kita lakukan ternyata mempunyai peran besar dalam menyebabkan kegemukan. berikut adalah kebiasaan buruk tersebut:

1. Makanan berlabel “rendah lemak”??
Produk makanan yang memiliki label “rendah lemak” dapat kita jumpai dihampir semua supermarket. Produk makanan ini mampu menyakinkan anda dengan jargon kalori yang lebih rendah.
Anda harus berhati-hati karena produk makanan tersebut biasanya mengandung pemanis berbahan dasar gula seintesis atau bahan kimia sejenisnya. Karena bahan tersebut dapat dicerna sangat cepat oleh sistem pencernaan. Karena kadar gula tubuh akan turun dan menyebabkan anda merasa lapar sehingga memicu anda untuk makan dalam porsi yang lebih besar,
2. Melewatkan waktu makan

Menurut riset yang dilakukan dari Amrican Journal of Epidemology orang yang tidak sarapan cenderung menjadi gemuk 4 kali lipat dari orang yang sarapan dengan teratur. Terjadi karena saat anda melewatkan makan, metabolisme pada tubuh perlahan melambat dan akan menstimulasi untuk makan dalam jumlah besar. Jadi harapan untuk mejadi kurus akan sia-sia.

3. Makan sambil nonton TV

Sebuah riset dari University of Brimingham telah berhasil membuktikan bahwa menonton sambil makan memiliki kecendeerungan untuk ngemil setelah selesai makan. Karena dengan mononton TV anda menjadi tidak fokus mengunyah makanan sehingga tidak ada kontrol yang anda lakukan.

4. Sungkan untuk menimbang berat badan

Ketakutan menimbang berat badan akan mempengaruhi berat badan kamu karena anda tidak mempunyai target dalam mencapai berat ideal. Sehingga anda tidak akan mengontrol pola makan anda.

5. Malas berolahraga
Melakukan olahraga setiap hari dapat membantu untuk membakar lemak serta kalori yang berada didalam tubuh. Selain itu dengan olahraga sirkulasi darah akan menjadi lancar ke seluruh bagian organ tubuh. Lakukanlah olahraga ringan seperti jogging selama 30 menit.


PLEASE LIKE OUR FACEBOOK FANPAGE close button

Related

info kesehatan 4324855936965137564

Post a Comment

emo-but-icon

item