Gangguan Rasa Nyeri Saat Menstruasi

Setiap bulan wanita yang sudah memasuki usia subur mengalami siklus bulanan yang dinamakan haid atau menstruasi. Tidak jarang aktifitas wan...

Setiap bulan wanita yang sudah memasuki usia subur mengalami siklus bulanan yang dinamakan haid atau menstruasi. Tidak jarang aktifitas wanita terganggu karena rasa sakit dan nyeri saat haid. Rasa nyeri saat haid merupakan masalah tersendiri bagi wanita yang merasakannya, sehingga perlu diketahui apa penyebab rasa nyeri saat haid dan bagaimana cara mengatasinya.



Nyeri saat haid disebabkan karena dinding rahim yang berkontraksi sehingga pembuluh darah terjepit dan menyebabkan timbulnya iskemi jaringan. Rasa nyeri saat haid dikategorikan menjadi dua, yaitu primer dan sekunder. Nyeri haid primer akan dialami oleh sebagian besar wanita normal. Rasa sakit nyeri haid primer yaitu di antara bagian perut bawah. Hal ini terjadi karena ketidakseimbangan hormon, tanpa adanya kelainan organ dalam pelvis. Berbeda dengan nyeri haid primer, nyeri haid sekunder ditandai dengan kelainan organ dalam pelvis. Wanita yang mengalami nyeri haid sekunder harus melakukan pemeriksaan serius karena adanya kemungkinan kista, mioma atau tumor di rahim.
Adapun cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi nyeri saat haid adalah sebagai berikut.

1. Olahraga Ringan
Olahraga ringan seperti berjalan kaki atau dengan melakukan peregangan otot-otot ligamen sekitar rongga pinggul dapat membantu Anda meringankan nyeri haid. Jogging juga dapat menjadi cara alternatif untuk mengatasi rasa nyeri haid. Jogging dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan mempelancar aliran darah. Selain itu, yoga juga dapat dilakukan untuk mengatur pernapasan saat menstruasi dan meningkatkan sirkulasi darah.

2. Mengkonsumsi Herbal
Minuman herbal berkhasiat untuk mengurangi rasa sakit saat haid. Minuman herbal yang bisa diminum salah satunya adalah kunyit asam. Kunyit asam dapat diperoleh di toko jamu. Anda juga dapat membuat sendiri di rumah. Bahan-bahannya cukup mudah dan murah. Cara membuatnya yaitu dengan memarut beberapa ruas kunyit, lalu ditambahkan sedikit air, perasa dan ambil air sarinya. Kemudian tambahkan sedikit asam jawa dan gula merah, rebus hingga mendidih, lalu angkat.

3. Mengkonsumsi Makanan dan Minuman Sehat
Mengkonsumsi makanan sehat yang mengandung zat besi, kalsium, magnesium, vitamin D, vitamin E dan omega 3 dapat membantu mengurangi rasa sakit saat haid. Anda juga dapat mengkonsumsi sayur, buah-buahan, ikan, dan makanan yang mengandung protein nabati. Banyak meminum air putih juga dapat membantu agar tubuh terhindar dari dehidrasi. Selain itu, hindari minuman seperti es, kopi, dan soda karena akan memperparah rasa nyeri.

4. Melakukan Kompres Dengan Air Hangat

Anda dapat melakukan kompres pada bagian perut bawah yang terasa nyeri. Caranya yaitu menempelkan botol maupun kantong karet berisi air hangat. Kompres dilakukan untuk melancarkan peredaran darah dan merileksasikan otot-otot di sekitar perut sehingga rasa nyeri berkurang. Selain itu, dapat juga dilakukan dengan berendam di dalam air hangat sebagai rileksasi. 
PLEASE LIKE OUR FACEBOOK FANPAGE close button

Related

penyakit 3914529642933552591

Post a Comment

emo-but-icon

item