Terlambat Menstruasi pada Wanita

Menstruasi adalah sebuah proses pengguguran dinding rahim yang keluar menjadi darah. Sewajarnya   siklus normal menstruasi rata-rata terj...


Menstruasi adalah sebuah proses pengguguran dinding rahim yang keluar menjadi darah. Sewajarnya  siklus normal menstruasi rata-rata terjadi sekitar 28 hari. Dalam kurun waktu sekitar 3-7 hari. Namun jika melebihi 15 hari maka itu adalah darah penyakit. 

Tiap wanita mengalami siklus yang berlainan. Dalam dunia kedokteran, Menstruasi yang datang terlambat adalah kondisi ketika siklus menstruasi berubah menjadi lebih lambat karena ovarium yang terlambat menghasilkan sel telur sehingga sinyal yang dikirim ke rahim juga mengalami keterlambatan. Siklus ini bisa melewati beberapa bulan bahkan tidak terjadi sama sekali.


Penyebab menstruasi yang terlambat datang ini tidak akan selalu sama antara wanita satu dengan wanita lainnya. Secara medis ada beberapa faktor penyebabkan mensturasi dapat terlambat. Namun tidak semua menstruasi yang datang terlambat sebagai tanda kehamilan. Ada gejala lain yang dapat memicu kehamilan seperti mual, kepala pusing, dan badan cepat lelah. Maka, menstruasi bukanlah suatu tanda kehamilan karena bisa disebabkan hal lainnya.

1.    Stress
Salah satu yang mempunyai peranan penting seorang wanita terlambat menstruasi adalah faktor stress. Semua bisa terjadi karena diantaranya kelelahan, tekanan lingkungan kerja, berpikiran negatif dalam suatu masalah dan sebagainya. Stress akan menyebabkan ketidakseimbangan hormon yang dihasilkan pada tubuh. Hal ini yang membuat terlambatanya ovulasi atau pelepasan sel telur oleh ovarium.
2.            Faktor Usia
Lalu penyebab menstruasi yang terlambat bisa juga karena faktor usia. Umumnya terjadi pada usia remaja, Tubuh mengalami banyak perubahan hormon karena sedang menyesuaikan dengan hormon kewanitaan. Sehingga keterlambatan menstruasi datang terlambat. Lalu fase ini akan dialami juga pada usia 45-55 tahun atau awal menopause, tubuh akan mengalami masa transisi menyebabkan keterlambatan. Setelah benar-benar mengalami menopause, wanita tidak akan menstruasi lagi.
3.            Pola hidup yang berubah
Olahraga yang berlebihan dan berat badan yang turun drastis adalah salah satu pemicu keterlambatan manstruasi. Begitu pula dengan berat badan yang berlebih atau obesitas.

4.            Konsumsi obat 

Ada jenis obat-obatan tertentu yang jika dikonsumsi akan mempengaruhi siklus menstruasi wanita. Seperti obat-obatan jenis antidepresan, obat-obatan antipsikotik, dan kortikosteroid oral.
PLEASE LIKE OUR FACEBOOK FANPAGE close button

Related

info kesehatan 7526269739244335115

Post a Comment

emo-but-icon

item