mengenali Bipolar Disorder

Bipolar Disorder adalah sebuah gangguan kejiwaaan  yang menyerang kondisi psikis seseorang dengan perubahan ekstrim pada suasana hati yan...


Bipolar Disorder adalah sebuah gangguan kejiwaaan  yang menyerang kondisi psikis seseorang dengan perubahan ekstrim pada suasana hati yang berupa kebahagiaan (mania) dan kesedihan (depresi). 


Dalam dunia medis bisa disebut juga dengan Manic Depressive. Istilah bipolar sendiri mengacu pada suasana perasaan yang saling bertolak belakang seperti dua kutub yang berlawanan yaitu positif yang berupa rasa bahagia (hipomania/ mania) dan negatif berupa rasa sedih (depresi) yang berlebihan.

Bipolar sendiri mempunyai dua jenis, yaitu:

Bipolar pada jenis yang pertama adalah saat kutub positif (mania) berada pada level tertinggi. Sehingga menimbulkan ekspresi bahagia yang sangat berlebihan. Dimana seseorang sangat mudah sekali menggampangkan masalah, merasa paling pintar, dan terlalu bergembira.
Lalu yang kedua adalah jenis kutub negatif (depresi). Ekspresi yang ditimbulkan adalah perasaaan kecewa, putus asa, kurang bersemangat, mudah tertekan, bertingkah laku pendiam dan tidak mau untuk bersosialisasi.
Dalam masalah ini, penyebab seseorang mengalami bipolar disorder masih menjadi perdebatan para pakar psikologis. Karena sulit untuk ditentukan secara pasti. Bipolar disorder sendiri cenderung menyerang tanpa memandang usia atau jenis kelamin. Namun menurut riset, wanita lebih berpeluang besar mengalami bipolar dibanding pria. Hal ini dipicu karena sifat wanita yang sangat ekspresif.
Selain itu, Bipolar juga dapat diturunkan secara genetik. Umumnya terjadi pada generasi ketiga (lompat generasi), dan apabila orangtua tersebut memiliki kecenderungan depresi.
Bipolar bukanlah sebuah penyakit melainkan adalah gangguan kejiwaan jadi tidak bisa diobati melainkan harus dikontrol. Karena orang yang mempunyai bipolar disorder adalah orang yang tidak bisa mengontrol mood swing/pengendalian diri sehingga berpotensi ke arah yang berlebihan.

Ada beberapa tips yang baik untuk mengatasi bipolar disorder, yaitu:
  1.   Lakukanlah gaya hidup yang sehat.
  2. Hindari minuman keras dan obat-obatan terlarang. Karena dapat memicu halusinasi yang menyebakan gangguan kejiwaan.
  3. Hindari stress berlebihan. Ubah pikiran negatif menjadi positif.
  4. Bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. Karena banyak orang yang mempunyai gangguan bipolar takut bersosialisasi. Hal ini harus dibiasakan karena akan mempengaruhi mood.
  5. Konsultasi dengan alhi terapi psikologis atau minimal dengan teman. Karena jika dipendam sendiri akan berbahaya pada kondisi psikis. 
PLEASE LIKE OUR FACEBOOK FANPAGE close button

Related

info kesehatan 419493885353157947

Post a Comment

emo-but-icon

item