Hindari Makanan dan Minuman Ini Setelah Mengkonsumsi Obat!

Dalam dunia kedokteran obat adalah benda yang digunakan untuk melawan sebuah penyakit Jasmani atau rohaniah di dalam tubuh. Dalam obat te...

Dalam dunia kedokteran obat adalah benda yang digunakan untuk melawan sebuah penyakit Jasmani atau rohaniah di dalam tubuh. Dalam obat terdapat kandungan zat kimia yang mampu mencegah, menghilangkan, atau mengurangkan gejala penyakit. 



Oleh karena itu obat mempunyai beragam bahan dasar dan efek samping yang negatif pada tubuh anda. Maka ketika kita meminum obat, ada beberapa makanan atau minuman yang harus dihindari saat dalam pemakaian obat –obatan karena akan memicu efek samping tersebut.

1. Teh

Teh dapat mengikat senyawa aktif obat karena teh mengandung zat tanin. Sehingga zat ini dapat menggangu penyebaran obat pada tubuh.
2. minuman isotonik
Minuman isotonik dilarang diminum bersamaan dengan obat. Karena minuman isotonic harus dihindari khususnya saat anda minum obat hipertensi dan obat gagal jantung.
3. Kopi
Kafein dalam kopi dapat menaikan tingkat overdosis bila obat yang diminum tersebut mengandung antibiotik. Dan ini sangat berbahaya pada tubuh.
4. Alkohol
Sangat tidak disarankan jika meminum alkohol saat bersamaan dengan minum obat. Khususnya obat yang mengandung paracetamol karena akan mengakibatkan pendarahan pada lambung bahkan dapat juga merusak hati.
5. Susu dan Soda
Karena dapat menetralkan fungsi obat yang Anda konsumsi, sehingga susu menjadi tidak berguna. Begitu juga saat meminum soda. Akan mengakibatkan efek seperti iritasi lambung.
6. Buah jeruk
Walaupun buah jeruk sangat baik untuk tubuh tapi jangan pernah konsumsi buah jeruk setelah meminum obat batuk. Karena jeruk memiliki efek negatif jika dikonsumsi berbarengan dengan obat—bisa meningkatkan risiko efek samping dari minum obat, kerusakan otot, menyebabkan halusinasi, dan rasa kantuk yang berlebihan.
7. Cokelat
Sama seperti halnya kopi coklat memiliki kandungan kafein meski dalam jumlah yang lebih sedikit dari kopi. Selain itu, coklat juga memiliki kandungan yang disebut dengan theobromine. Jenis obat yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan coklat atau sesudahnya adalah jenis obat Ritalin. Efek makan coklat setelah minum obat Ritalin yaitu bisa menjadi lebih cepat marah, lebih lemas, serta lebih menggebu-gebu. Perlu diingat bahwa cokelat  hitam memiliki kadar kafein dan kadar theobromine yang lebih tinggi.
8. Daging

Hindari mengkonsumsi daging dan berbagai bentuk olahannya setelah meminum obat antidepresan. Efek makan daging setelah minum obat antidepresan adalah tekanan darah yang akan melonjak. Untuk mengetahui obat itu mengandung  antidepresan cek label pada obat yang Anda minum, apakah di sana ada keterangan MAOIs, atau Monoamne Oxidase Inhibitors, umumnya menggunakan merek Nardil, Marplan, Parnate, atau Emsam. 
PLEASE LIKE OUR FACEBOOK FANPAGE close button

Related

info kesehatan 5632009054089508278

Post a Comment

emo-but-icon

item