Ternyata Gemar Berkebun Bisa Memperpanjang Umur

Ternyata Gemar Berkebun Bisa Memperpanjang Umur - Orang yang memiliki kebiasaan berkebun malah diketahui mempunyai sifat yang optimis lebi...

Ternyata Gemar Berkebun Bisa Memperpanjang Umur - Orang yang memiliki kebiasaan berkebun malah diketahui mempunyai sifat yang optimis lebih besar dibandingkan dengan orang yang tidak suka berkebun. Hal ini telah dibuktikan dari hasil penelitian Texas A&M dan Universitas Texas State yang menanyakan beberapa pertanyaan pada surveinya pada responsen yang telah berusia sekitar 50 tahun bahkan lebih tua lagi. Hasil yang sangat menunjukkan jika survei menyatakan jika beberapa alasan kuat jika orang yang sudah berusia lanjut akan memiliki kualitas hidup yang lebih baik apabila dirinya berkebun.

"Sebenarnya, fokus utama dari penelitian yang dilakukan ini ialah guna mengetahui apakah memang benar kegiatan berkebun itu mempunyai dampak yang positif dalam masalah kualitas hidup serta tingkat fisik orang apabila membandingkannya dengan orang-orang yang tidak menyukai kegiatan berkebun." ungkap dari seorang peneliti tersebut.

Berkebun

Dari suatu laporan penelitian yang diketahui memiliki judul A Profile of Older Americans, tertulis jika orang-orang yang sudah berumur di atas 50 tahun tersebut mempunyai resiko untuk terkena penyakit yang lebih besar yang dikarenakan frekuensi olahraga menjadi menurun serta buruknya gaya hidup yang dilakoni. Di dalam penelitian itu juga menyatakan jika kombinasi antara kegiatan fisik dan juga konsumsi buah ataupun sayur yang meningkat juga mampu mengurangi resiko untuk terkena penyakit kronis.

"Berkebun menjadi suatu aktivitas rumah di saat waktu yang luang di mana menjadi kegiatan paling populer (atau banyak dilakukan) dan dilaporkan juga sebagai salah satu kegiatan yang mampu menghilangkan stres yang paling umum setelah berjalan bagi orang yang sudah berumur lebih dari 50 tahun." ujar para peneliti tersebut.

Apabila Anda ingin mengetahui secara lebih dalam lagi tentang korelasi kesehatan dan juga sikap dari seseorang dengan adanya kebiasaan melakukan kegiatan berkebun, Sommerfeld sendiri telah berhasil membuat urvei berdasarkan dari Life Satisfaction Inventory-A (LSIA), di mana telah membuat suatu alat yang mengukur sebanyak 5 (lima) komponen kualitas hidup (semangat hidup, kesesuaian dan tujuan yang diinginkan tercapai, optimisme, resolusi dan ketabahan, serta fisik, psikologis dan juga sosial konsep diri).

Memang hasilnya terdapat suatu perbedaan yang cukup signifikan dalam mendapatkan kepuasan hidup secara menyeluruh dan terbukti jika orang-orang yang senang berkegiatan berkebun memiliki nilai rata-rata yang cukup tinggi. Terdapat sebanyak lebih dari 84 persen yang menyatakan setuju dengan pernyataan : "saya sudah membuat beberapa rencana dengan apa yang nantinya saya akan lakukan di bulan depan dan dan tahun depan mulai dari sekarang ini", sementara bagi yang tidak melakukan kegiatan berkebun mencuat hingga sebanyak 68 persen.
PLEASE LIKE OUR FACEBOOK FANPAGE close button

Related

info kesehatan 6447736508448108075

Post a Comment

emo-but-icon

item