Bahaya Dampak Tidur Terlalu Lama

Tidur adalah sebuah kebutuhan manusia guna memulihkan kebugaran pada tubuh setelah beraktivitas. Kurang tidur dapat menyebabkan banyak ma...


Tidur adalah sebuah kebutuhan manusia guna memulihkan kebugaran pada tubuh setelah beraktivitas. Kurang tidur dapat menyebabkan banyak masalah bagi kesehatan salah satunya terganggunya metabolisme. Namun, tidur terlalu lama juga akan menimbulkan berbagai masalah pada tubuh.

  
Lama tidur setiap orang berbeda-beda berdasarkan usia dan kondisi tubuhnya. Namun yang jelas untuk waktu untuk tidur adalah sekitar 6-8 jam perhari untuk orang dewasa. Karena sesuatu yang kurang dan berlebihan itu tidak baik.

Terlalu sering tidur sama bahanya dengan kurang tidur. Inilah beberapa efek buruk akibat jika anda terlalu banyak tidur.

           1. Meningkatkan Diabetes

Terlalu lama tidur akan mengakibatkan resiko diabetes tipe 2. Diabetes tipe 2 adalah sebuah  penyakit yang diderita oleh anak usia dini. Karena tubuh tidak bekerja sehingga menjadikannya anak tersebut mengalami kegemukan. Meskipun tidak terlalu berbahaya namun harus tetap di waspadai.

2. Meningkatkan resiko depresi

Seseorang yang terlalu sering tidur dapat mengalami gejala resiko depresi yang lebih tinggi. Sebuah studi pada tahun 2014 membuktikan bahwa seseorang yang tidur selama kurang lebih 7 sampai 9 jam dalam sehari mengalami gejala depresi 27 persen. Sementara yang tidur melebihi 9 jam mengalami gejala 49 persen.

3. Inresia Tidur

Inresia adalah sebuah perasaan yang ditimbulkan dari bangun yang terlalu lelap. Perasaan yang dimunculkan adalah keadaan grogi. Walau hanya beberapa menit saja namun jelas hal ini akan mengganggu dan merugikan anda yang harus beraktivitas kembali setelah tidur.

4. Sakit Kepala dan melemahkan fungsi otak

Dalam hasil penelitian tidur lebih lama dari biasanya dapat menyebabkan sakit kepala karena efek terlalu banyak tidur pada serotonin. Lalu juga dapat memperburuk fungsi otak pada jangka waktu 6 tahun.

5. Kematian 

Ada beberapa penelitian yang telah ditemukan bahwa orang yang tidur melebihi batas waktu normal yaitu 9 jam sehari dapat memiliki resiko kematian lebih besar dibandingkan dengan yang tidur selama 7 jam. Hal ini dipicu bahwa depresi dan status ekonomi yang rendah membuat waktu tidur menjadi lebih lama sehingga beresiko pada kematian.
PLEASE LIKE OUR FACEBOOK FANPAGE close button

Related

penyakit 5893962341101177983

Post a Comment

emo-but-icon

item