Bahaya, Sakit Gigi Bisa Menyebabkan Kanker

Mungkin hampir semua orang pernah merasakan Sakit gigi dan itu kita anggap sebagai hal yang biasa. Tapi ternyata sakit gigi yang kita angga...

Mungkin hampir semua orang pernah merasakan Sakit gigi dan itu kita anggap sebagai hal yang biasa. Tapi ternyata sakit gigi yang kita anggap biasa itu ternyata dapat menjadi ancaman terkena kanker. Bagaimana bisa?

Oral Cancer atau yang kita kenal dengan kanker mulut adalah salah satu jenis kanker yang dapat menyerang daerah sekitar mulut. Hal ini terjadi karena perkembangan sel – sel yang berada di mulut tidak dapat terkontrol. Sehingga sel tersebut bermutasi dan menyebar ke seluruh organ yang ada di sekitar. Kanker tersebut dapat menyerang jaringan lunak dan keras seperti, gigi, mulut dari gusi, dinding mulut, sampai dengan lidah.

Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya kanker mulut. Seperti merokok, meminum alkohol, terkena virus HPV, dan tidak menjaga kebersihan mulut.

Gejala Kanker Mulut                              
Yang berbahaya dari penyakit ini adalah ketika penderita tidak mengetahui gejala-gejala yang terjadi. Karena sulit terditeksi sehingga tidak dapat mengenali antara penyakit ringan atau terkena kanker mulut stadium awal. Berikut ada beberapa ciri-ciri umum yang patut di waspadai:
  •  Kelenjar getah bening yang mengalami pembengkakan.
  • Gigi yang goyang tanpa sebab.
  • Benjolan atau penebalan pada dinding dalam mulut.
  • Rasa sakit dalam mulut, terutama lidah.
  • Sariawan yang berlangsung lama.


Jika mengabaikan gejala-gejala tersebut maka akan berakibat fatal kepada penderitanya. Karena kanker mulut adalah salah satu penyakit yang berbahaya. Periksalah ke dokter jika gejala-gejala tersebut tidak kunjung sembuh.

Pencegahan Pada Kanker Mulut


Para ahli berpendapat ada beberapa langkah-langkah untuk menurunkan resiko terjadinya kanker mulut,yaitu:

  • Berhenti merokok dalam berbagai jenis tembakau.
  •  Hindari mengkonsumsi alkohol berlebihan.
  • Buatlah pola hidup yang sehat. Dari makanan hingga berolah raga secara teratur.
  • Rajin menjaga kebersihan mulut.
  •  Memeriksakan kesehatan gigi secara teratur, setidaknya setahun sekali.


Metode Pengobatan Kanker Mulut

Terdapat tiga metode yang dapat digunakan untuk penanganan penyakit kanker mulut. Seperti operasi, kemoterapi,radioterapi.
Untuk stadium awal Kanker mulut dapat dilakukan dengan prosedur PDT atau operasi menggunakan sianr laser diatasi dengan operasi menggunakan sinar laser. Namun, jika kanker sudah menyerang bagian lain tubuh, maka akan dilakukan pengankatan tumor.
Kemudian cara Radioterapi biasanya dilakukan setelah operasi. Hal ini dilakukan untuk mencegah kembalinya sel-sel kanker yang berada di dalam atau di luar tubuh.
Jika kanker tersebut sudah berbahaya dan menyebar luas maka akan ada cara terkahir yaitu dengan kemoterapi. Proses ini menggunakan obat-obatan yang berfungsi untuk menghancurkan DNA dari sel-sel kanker agar tidak berkembang biak. Namun efek sampingnya adalah  dapat menurunkan kekebalan tubuh pada penderita. 
PLEASE LIKE OUR FACEBOOK FANPAGE close button

Related

info kesehatan 1314155515808752862

Post a Comment

emo-but-icon

item