Penyebab dan Gejala Tipes, Serta Cara Menghindarinya

Biasanya sakit tipes terjadi karena bakteri Salmonella Typhi masuk ke tubuh. Biasanya bakteri ini masuk melalui makanan atau minuman yang ku...

Biasanya sakit tipes terjadi karena bakteri Salmonella Typhi masuk ke tubuh. Biasanya bakteri ini masuk melalui makanan atau minuman yang kurang bersih dan sehat. Penyakit tipes lebih banyak ditemukan di negara berkembang dibandingkan dengan negara utama.

Ketika bakteri masuk bersama makanan, bakteri ini akan menuju usus dan ke aliran darah. Setelah itu bakteri tersebut juga akan menyebar ke limfa hati, paru-paru, ginjal, dan bagian lainnya dapat membuat sakit tipes.

Ada beberapa ciri-ciri gejala penyakit tipes, dimulai dari flu, demam dengan rasa nyeri, lemas,  mual, perut kembung, pusing, terasa demam, mata terlihat kekuningan, air kencing berwarna kecoklatan.

Namun biasanya untuk ciri mata kuning dan air kencing kecoklatan tidak dapat dilihat secara langsung dalam waktu 1 - 2 hari. Karena setelah diperiksa bisa saja telah terjadi peradangan pada saluran pencernaan.


Gejala antara orang yang satu dengan yang lainnya biasanya tidak selalu sama. Hal tersebut tergantung dari kekebalan tubuh masing-masing orang. Segera periksakan diri ke dokter apabila mengalami salah satu dari gejala tersebut.

Untuk menghindari penyakit tipes adalah dengan memiliki pola hidup yang sehat. Jaga pola makan dan kebersihannya. Bersihkan peralatan makan dengan sebersih mungkin agar bakteri penyebab tipes tidak menempel. Makanan yang sehat dapat membuat seseorang terhindar dari penyakit ini.

Olahraga juga dapat mencegah penyakit tipes. Dengan olahraga, kekebalan tubuh akan meningkat dan bakteri tidak dapat masuk dengan mudah.
PLEASE LIKE OUR FACEBOOK FANPAGE close button

Related

penyakit 8917354612894520893

Post a Comment

emo-but-icon

item