Mengapa Warna Feses atau Tinja Berbeda?

Feses atau tinja anda berwarna yang tidak biasa? Atau warna feses atau tinja bayi atau anak anda yang terlihat berwarna berbeda? Coba ingat-...

Feses atau tinja anda berwarna yang tidak biasa? Atau warna feses atau tinja bayi atau anak anda yang terlihat berwarna berbeda? Coba ingat-ingat lagi makanan atau minuman apa yang terakhir-terakhir dikonsumsi. Karena bisa saja makanan yang dikonsumsi sebelum BAB (Buang Air Besar) berpengaruh terhadap perubahan warna pada kotoran.

Sebenarnya warna khas yang biasa kita lihat pada feses adalah warna yang berasal dari cairan empedu. Awalnya organ hati yang akan memproduksi cairan empedu dan disimpan di dalam kantong empedu.Kemudian cairan empedu tersebut akan dikeluarkan dari kantong empedu ke dalam usus kecil yang berguna untuk membantu proses pencernaan.

Namun dalam kondisi tertentu, warna dari feses bisa saja berubah. Kenapa bisa berubah? Hal tersebut biasanya dipengaruhi karena kondisi medis, maupun karena makanan serta minuman yang dikonsumsi.


Berikut beberapa penyebab dari warna feses yang berbeda dari biasanya:

1. Feses yang berwarna pucat atau putih biasanya dikarenakan kantong empedu bermasalah atau ada infeksi pada hati.

2. Feses yang berwarna hijau kemungkinan besar dikarenakan mengkonsumsi sayuran yang berwarna hijau gelap seperti bayam. Penyebab feses berwarna hijau yang lainnya adalah bisa saja dikarenakan pewarna makanan biru atau hijau dalam minuman atau es. Biasanya feses berwarna hijau karena hal tersebut terjadi karena makanan atau minuman terlalu cepat melewati usus besar, sehingga proses pencernaan tidak berjalan secara sempurna.

3. Feses yang berwarna merah merupakan akibat dari adanya perdarahan di rektum. Namun ketika warna merahnya terlihat menyeluruh, bukan hanya seperti garis-garis saja, bisa saja perubahan warna feses menjadi merah tersebut akibat dari makanan. Feses merah yang disebabkan oleh makanan biasanya dikarenakan oleh buah bit, makanan yang mengandung pewarna merah, dan juga termasuk minuman bubuk. Selain itu makanan yang mengandung gelatin juga bisa menjadi penyebab dari berubahnya warna feses menjadi merah.

4. Feses berwarna hitam bisa saja dikarenakan adanya darah pada feses tersebut. Namun selain itu, warna hitam juga bisa terjadi akibat dari konsumsi makanan ataupun obat-obatan. Feses berwarna hitam bisa jadi disebabkan karena mengkonsumsi licorice, atau yang dikenal dengan akar manis, mengkonsumsi suplemen penambah zat besi, atau juga obat-obatan yang mengandung bismuth.

Jika perubahan warna feses ini terjadi dalam jangka waktu lama dan tetap muncul meskipun sudah tidak mengonsumsi suatu makanan, sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk melihat apakah ada gangguan di usus atau infeksi yang membuat warna feses berubah.
PLEASE LIKE OUR FACEBOOK FANPAGE close button

Related

info kesehatan 7776348414461986240

Post a Comment

emo-but-icon

item