Cara Membakar Makanan yang Benar

Makanan yang dibakar, seperti sate, ayam bakar, ikan bakar, dll, dipercaya dapat mebahayakan kesehatan karena dapat mengubah protein menjadi...

Makanan yang dibakar, seperti sate, ayam bakar, ikan bakar, dll, dipercaya dapat mebahayakan kesehatan karena dapat mengubah protein menjadi amina heterosiklik (HCA) akibat dari panas yang tinggi. Padahal HCA dapat memicu berbagai macam jenis kanker, seperti kanker payudara, kanker prostat, kanker lambung, dan kanker usus besar.

"Suhu tinggi dapat membuat protein pada daging menjadi racun karsinogenik," kata seorang ahli gizi Dana-Farber Cancer Institute yang bernama Stacy Kennedy, .

Dokter Stacy memberikan tips agar makanan yang diolah dengan cara dibakar dapat tetap aman bagi kesehatan.


Pilih Daging Tanpa Lemak

Hindari menggunakan daging yang lemaknya banyak, termasuk sosis dan iga. Pastikan tidak terlalu banyak tetesan agar daging tidak terlalu banyak terkena asap ketika dipanggang.

Jangan Terlalu Banyak Bumbu

Hindari penggunaan terlalu banyak bumbu. Gunakan saja lemon atau cuka untuk memberikan bumbu pada daging yang hendak dibakar.

Jangan Terlalu Lama Memanggang

Sebelum dibakar, sebaiknya daging direbus terlebih dahulu, atau bisa juga dipanggang terlebih dahulu menggunakan oven. Hal tersebut dilakukan agar proses membakar menjadi tidak perlu terlalu lama lagi.

Posisi Tepat

Berikan jarak antara daging dan api minimal 15 cm. Selain itu sering-sering dibolak-balik agar tidak ada bagian yang terlalu lama terkena api.

Bungkus Dengan Aluminium Foil

Sebenarnya cara ini juga lebih baik diterapkan untuk menghidari daging dari paparan asap. Bungkus daging dengan aluminium foil, dan hindari tersentuh dengan api secara langsung.
PLEASE LIKE OUR FACEBOOK FANPAGE close button

Related

makanan 2096404739883657767

Post a Comment

emo-but-icon

item