Bahaya Memakan Sup Sirip Hiu, Gangguan Otak

Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari Universitas Miami mendapatkan bahwa mengkonsumsi sup sirip hiu dapat menyebabkan gangguan...

Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari Universitas Miami mendapatkan bahwa mengkonsumsi sup sirip hiu dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan manusia. Konsentrasi neurotoksin BMAA yang tinggi pada sirip hiu ini dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada otak.

Studi yang dilakukan oleh peneliti dari Universitas Miami tersebut dimuat dalam jurnal Marine Drugs.Dalam studi tersebut ditunjukan bahwa sup sirip hiu dan pil tulang rawan hiu dapat menimbulkan resiko yang cukup tinggi terkait penyakit neurodegeneratife di antaranya adalah penyakit Alzheimer dan penyakit Lou Gehrig.

Sebenarnya tidak hanya membahayakan kesehatan manusia saja, dalam studi yang dilakukan tersebut menyebutkan juga bahwa terdapat ancaman terhadap kepunahan hiu akibat dari praktek mengkonsumsi hiu secara berlebihan seperti yang dilakukan oleh restoran-restoran.

"Akibat praktik tersebut, banyak spesies hiu yang terancam punah. Menghindari konsumsi hiu sebenarnya bukan hanya untuk menjaga keseimbangan ekosistem saja, tapi juga konsumsi sirip hiu dapat menyebabkan efek yang berbahaya bagi kesehatan" tutur Hammerschlag dalam Hindustan Times.


Dalam studi tersebut menggunkan tujuh spesies hiu berbeda, yaitu banteng, martil besar, blacknose, blacktip, bonnethead, lemon, dan hiu perawat dari perairan di Florida selatan.

"Konsentrasi BMAA dalam sampel memprihatinkan, tidak hanya dalam sup sirip hiu, tetapi juga dalam suplemen makanan dan bentuk lain dicerna oleh manusia," kata rekan penulis studi Deborah Mash, profesor dan direktur University of Miami otak Endowment Bank.
PLEASE LIKE OUR FACEBOOK FANPAGE close button

Related

makanan 5262091625524800535

Post a Comment

emo-but-icon

item